Apa Saja Keuntungan Toko Online?
Keuntungan dari toko online dibanding toko offline, antara lain:
Modal murah
Biaya
yang diperlukan hanya berupa biaya domain, hosting dan jasa pembuatan
website. Bahkan, biaya ini bisa nol atau tidak ada biaya sama sekali
jika Anda menggunakan sarana gratis seperti Blogspot, Wordpress atau
Multiply. Situs web Indonesia seperti TokoBagus juga menawarkan jasa
yang hampir serupa. Selain itu, biaya promosi melalui Facebook dan
Twitter untuk mempromosikan barang dan jasa juga bisa dilakukan dengan
biaya yang gratis.
Biaya operasional murah
Tidak perlu
menyewa kios, toko, atau tempat. Anda dapat mengaksesnya dari rumah.
Biaya yang perlu dikeluarkan untuk kegiatan operasional adalah biaya
Internet dan biaya listrik. Begitu juga untuk biaya gaji karyawan yang
dapat diminimalkan karena hanya membutuhkan sedikit karyawan bahkan bisa
Anda kelola sendiri.
Dapat beroperasi 24 jam
Calon membeli dapat melihat barang dagangan kita kapanpun melalui Internet.
Pangsa pasar yang sangat luas
Dapat
menjangkau seluruh dunia karena toko online Anda bisa diakses dari mana
saja. Penduduk dari negeri lain dapat juga menjadi pelanggan Anda. Dan
biasanya mereka berani mengeluarkan uang lebih banyak ketimbang pembeli
dari dalam negeri.
Buat Perencanaan dan Persiapan yang Matang
Walau
tidak membutuhkan modal besar, tetapi diperlukan persiapan dan perlu
pengelolaan yang baik agar toko online Anda dapat meraih banyak pembeli.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengelola toko online:
Tampilkan foto produk Anda semenarik mungkin
Biasanya, yang pertama kali dilihat para pengunjung adalah tampilan
produk. Oleh karena itu, buatlah foto prosuk Anda dengan baik. Tata
produk dengan baik sebelum difoto, perhatikan pencahayaannya dan
ambillah sudut yang baik dari produk Anda. Jika memungkinkan, pakailah
kamera yang akan menghasilkan kualitas foto yang baik.
Susun website toko online Anda agar memudahkan pengunjung
Agar memudahkan pengunjung mencari produk yang diinginkan, susunlah
produk Anda berdasarkan kategori. Misalnya, jika toko online menjual
pakaian, Anda dapat membagi-bagi produk berdasarkan kategori rok,
celana, kemeja, kaos, dan kategori lainnya. Sebagai tambahan informasi,
dapat juga ditampilkan produk yang menjadi bestseller, produk baru, atau produk yang sedang promo dan diskon.
Berikan deskripsi produk
Jelaskan produk Anda dengan detail. Misalnya, sertakan informasi
tentang bahan pakaian, ukuran pakaian atau informasi lainnya dalam jika
Anda menjual pakaian.Hal ini diperlukan karena pembeli tidak dapat
secara langsung memegang atau mencoba produk Anda, berbeda dengan toko
offline.
Informasi tentang toko dan diri Anda
Salah
satu yang membuat orang enggan bertransaksi secara online adalah karena
tidak mengetahui lokasi secara jelas dan sangat mudah untuk ditipu jika
tidak berhati-hati. Untuk meyakinkan calon pembeli, cantumkan nama yang
dapat dihubungi, alamat, nomor telepon dan alamat email. Jika mungkin
sediakan fasilitas chat. Dengan demikian, pembeli merasa lebih tenang
dalam bertransaksi karena mengetahui kemana dia dapat komplain atau
menanyakan lebih lanjut jika barang yang dibeli belum diterima.
Pelayanan
Jika pembeli puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan, maka
mereka dapat menjadi pelanggan serta dapat menjadi sarana promosi yang
sangat baik untuk toko online Anda. Mereka dapat mempromosikan kepada
keluarga atau teman sehingga pembeli produk Anda semakin bertambah.
Maka, berikanlah pelayanan atau service yang kepada pembeli. Misalnya
dengan pengiriman yang cepat atau garansi. Jangan biarkan ketidakpuasan
seorang pembeli merusak bisnis Anda. Tanggapi jika ada komplain dari
pelanggan agar tidak meragukan pembeli lainnya.
Promosi
Jangan lupa mempromosikan toko online Anda. Banyak keberhasilan diraih
karena ketekunan pengelola toko online mempromosikan produknya. Promosi
secara gratis atau biaya minimal, dapat dilakukan dengan menggunakan
berbagai media online seperti Facebook dan Twitter. Selain itu, Anda
juga bisa memasang iklan
produk dan jasa Anda di berbagai media online yang memiliki reputasi
baik, sesuai dengan jenis produk Anda, dan dikunjungi banyak pengunjung
setiap harinya. Banyak toko online berhasil karena kekuatan promosi
mereka.
Mengetahui bahwa membuat toko online dapat
menjadi sumber penghasilan dan dapat dibuat dengan mudah, Anda dapat
mencoba untuk memanfaatkan sarana Internet ini untuk memasarkan produk
Anda sekaligus sebagai salah satu sarana pendapatan tambahan. Tetapi,
tentu saja
toko online harus dikelola dengan baik agar menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar